Kaya Manfaat, Teh Bunga Telang Jadi Referensi Minuman Herbal

MENYEHATKAN: Sejumlah santri menunjukkan produk teh bunga telang buatan Amin, belum lama ini. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

BUNGA telang menjadi salah satu tanaman yang dapat diolah menjadi teh herbal. Teh ini dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Hal itu lah yang membuat Muhammad Aminudin bersama ibunya memproduksi teh bunga telang sebagai referensi minuman yang masih jarang ditemukan. Padahal manfaatnya sangat kaya.

Selamat Idulfitri 2024

“Teh bunga telah itu beda dari yang lain, dan termasuk minuman herbal yang banyak khasiatnya. Mulai dari menurunkan berat badan, mengatasi kerontokan rambut, hingga mencegah kanker,” papar Amin, sapaan akrabnya, Kamis (25/4/24).

Bunga telang cukup mudah didapatkan. Amin biasa memetiknya di kebun maupun sawah. Meski begitu, butuh proses tambahan sebelum dilakukan pengolahan.

Owner yang telah bergelut selama satu tahun itu mengungkapkan, saat ini penjualannya difokuskan melalui platform online. Dirinya juga sering menerima pesanan dari desa-desa maupun lembaga instansi.

“Karena minuman herbal dan juga tidak banyak penjual, seringkali mendapat orderan dari anak-anak sekolah maupun pondok pesantren, ada juga yang perseorangan,” tambahnya.

Ketika ramai, dalam sehari ia bisa memproduksi 200-250 cup botol teh bunga telang. Dengan harga Rp 5 ribu pembeli sudah bisa membeli minuman herbal ini.

“Alhamdulillah sedikit demi sedikit merintis usaha ini. Dijamin bahan yang digunakan semua alami tanpa pengawet,” ungkap Amin. (ara/adf)