Kudus  

Penemuan Bayi Perempuan dalam Tas

Bayi perempuan
KONDISI : Bayi perempuan yang ditemukan warga di dalam tas telah ditangani oleh Puskesmas Kaliwungu. (BAWONO MAHDAN/ JOGLO JATENG)

KUDUS – Warga Kecamatan Kaliwungu, digegerkan dengan penemuan bayi perempuan yang diletakkan di warung tepi Jalan Lingkar Utara Desa Mijen, sekitar pukul 05.45. Diperkirakan bayi itu masih berusia sekitar tiga jam setelah proses kelahiran.

Bayi berjenis kelamin perempuan itu pertama kali ditemukan oleh warga setempat, Sulkan diletakkan di sekitar warung.

Kepala Dusun (Kadus) Dukuh Madaran, Desa Mijen, Muhammad mengatakan, bayi tersebut ketika ditemukan, ditaruh di dalam tas kain warna abu-abu. Saat ditemukan bayi dalam kondisi pucat dan tali pusar masih menempel. Namun, sudah tidak ada plasentanya.

Baca juga:  Alumni Muallimat Kudus Kukuhkan Pengurus Baru

“Setelah mendapat laporan saya langsung datang dan membawa bayi itu ke Puskemas Kaliwungu. Guna mendapatkan perawatan lebih lanjut, dan melaporkan ke Polsek terdekat,” ucapnya.

Muhammad menambahkan, bayi baru terdengar menangis setelah mendapatkan penanganan dari Puskemas. Barang bukti tas kain dan beberapa lainnya yang berada di dalam tas tersebut, sudah diamankan Polsek Kaliwungu.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kaliwungu, Yuskal Yusrizal menyatakan, perkiraan usia bayi tersebut ditemukan tiga sampai empat jam setelah dilahirkan. Saat ini kondisinya stabil.

Serta tidak didapati adanya tanda-tanda atau bekas kekerasan pada tubuh bayi tersebut. Hanya terdapat bekas darah-darah yang sudah mengering.

Baca juga:  Sosialisasi Rutin, Cegah Bullying di Sekolah

“Kami telah melakukan perawatan sampai saat ini, dan bayi berada di dalam inkubator. Dikarenakan beratnya hanya 2,1 kilogram, dengan panjang 50 centimeter. Sedangkan berat normal bayi, 2,5 kilogram,” terangnya.(mg)