Tiga Benda Wajib Perawatan Kulit

Perawatan Kulit
Ilustrasi - Rawat kulit (ANTARA/JOGLO JATENG)

Memiliki kulit wajah yang sehat menjadi dambaan setiap orang, oleh karena itu banyak orang berlomba-lomba merawatnya. Ada tiga produk perawatan kulit mendasar yang harus dimiliki untuk menjaga kesehatan wajah sehari-hari, yakni pembersih wajah, pelembap wajah serta tabir surya.

Dokter spesialis kulit Arini Astasari Widodo menjelaskan, tahapan pertama dari perawatan kulit mendasar adalah membersihkan wajah dari kotoran, debu hingga radikal bebas yang menempel kepada kulit. Kotoran tersebut berpotensi menimbulkan masalah pada wajah, baik jerawat, penuaan maupun kusam.

Selamat Idulfitri 2024

Penting memastikan, wajah selalu dibersihkan. Ada beberapa produk pembersih wajah yang menambahkan beberapa agen yang bisa membantu masalah kulit. Arini mengatakan, penting untuk membersihkan kulit dari polutan dan radikal bebas untuk Anda yang punya keluhan kulit kusam, pigmentasi dan penuaan.

Baca juga:  Kaya Manfaat, Teh Bunga Telang Jadi Referensi Minuman Herbal

Pelembap adalah perawatan wajah yang penting untuk menjaga lapisan kulit agar tetap sehat. Gunakanlah pelembap langsung setelah mencuci wajah ketika kulit masih dalam keadaan lembap.

Tabir surya dipakai dengan SPF minimal 30 dan broad spectrum, yakni melindungi terhadap sinar UVA dan UVB. Ulanglah pemakaian tabir surya setiap tiga jam dan gunakan dalam jumlah yang cukup. Pakailah tabir surya setidaknya 30 menit sebelum keluar rumah. Pemakaian tabir surya akan mencegah kulit terlihat kusam dan belang.(ara/akh)