Figur  

Jadi Politisi Terinspirasi dari Ayah

Dyah Tunjung Pudyawati. (DOK. PRIBADI / JOGLO JATENG)

SEJAK duduk di bangku SMA hingga perkuliahan, Dyah Tunjung Pudyawati aktif dalam berbagai organisasi. Hal itu menjadi bekal dia aktif di dunia politik. Inspirasinya adalah sang ayah, yang juga menggeluti dunia politik.

Perempuan kelahiran Maret 1991 ini menceriatakan, ayahnya pada tahun 2008 masuk ke Partai Gerindra saat partai tersebut sedang mencari kader. Ketika sudah bergabung, Tunjung sapaan akrabnya, sering melihat rekan-rekan ayahnya bermain ke rumah untuk berdiskusi. Bahkan, ayahnya juga seringkali menceritakan seputar politik kepada anaknya, terutama dirinya.

Selamat Idulfitri 2024

“Jadi mau enggak mau setiap hari mendengar papah dan teman-temannya berdiskusi di rumah. Di tambah, papah juga sering cerita politik itu begini dan Gerindra itu gini. Jadi, saya sepertinya udah ke-branding diri untuk menekuni dunia politik,” ucapnya kepada Joglo Jateng, Senin (27/6).

Baca juga:  Kisah Sukses Afifah: Gadis Cantik Jepara Raih Cuan Jutaan dari Jualan Buah Segar

Tak lama kemudian, perempuan kelulusan Institut Manajemen Telkom itu bergabung di struktural partai sekaligus membantu ibunya di sayap partai Gerindra.

“Hingga sekarang, mendapatkan amanat untuk membantu di DPD Gerindra Jateng sebagai wakil sekretaris,” ujarnya.

Tunjung yang memiliki hobi membaca itu menceritakan perjalanan bersama ayahnya saat berkunjung di daerah pemilihan atau dapil. Menurutnya, pengalaman paling berkesan yakni bisa bertemu masyarakat secara langsung dan bisa memahami karakteristik setiap dapil yang dikunjungi.

“Pernah diajak papah ke dapil, ketemu sama kades-kadesnya dan masyarakat bisa langsung mengobrol. Saya baru tahu, bahwa setiap dapil karakter orang-orangnya berbeda, jadi membuat saya belajar tentang hal itu,” ungkapnya.

Baca juga:  Pelajari Kempo untuk Bela Diri hingga Prestasi

Bagi dia, terjun di dapil bisa membuatnya mengetahui solusi apa yang harus diberikan terkait persoalan rakyat.

Tunjung mengaku, bahwa jurusan kuliahnya tidak linear dengan dunia politik. Namun dirinya yakin dunia politik dengan jurusan kuliahnya masih ada kaitannya, yakni bagaimana mengelola orang dalam memimpin.

“Waktu SMA sampai kuliah memang suka organisasi, bisa kumpul terus bertukar pikiran sama orang. Nah kaitannya saya jurusan di Manajemen sebenarnya bisa, bagaimana caranya kita mengatur orang. Oh ternyata, kita memimpin kayak mengelola orang,” paparnya.

Terinspirasi dari papahnya tersebut, Tunjung pernah mencalonkan diri sebagai Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Dapil Brebes Tegal, pada tahun 2019.

Baca juga:  Suaranya Merdu, Syatta Wakili DIY di Ajang VoA Nasional

“Tahun 2019, aku udah pernah jadi caleg di Dapil Brebes Tegal, karena hamil anak pertama masih kaget. Nah ini, tahun 2024 mau Caleg lagi di DPRD Kota Semarang Dapil 4  Banyumanik, Gajah mungkur, Gunungpati,” katanya. (dik/gih)