Kudus  

Gedung Baru Museum Patiayam Siap Dibuka Juli

Petugas Museum Purbakala Patiayam, Jamin
Petugas Museum Purbakala Patiayam, Jamin. (MUHAMMAD ABU YUSUF AL BAKRY/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Gedung kembar situs Museum Purbakala Patiayam siap dibuka bulan depan. Rencana pembukaan ini dengan dilakukan penambahan temuan benda purba baru. Pihak Museum Purbakala Patiayam masih melakukan finishing dalam tahap setting lokasi diorama koleksi benda purba baru maupun koleksi lama.

Selama pembangunan gedung baru, pihak museum tetap membuka gedungnya dengan tetap mengondisikan alur kedatangan pengunjung. Hal ini dikarenakan masih terdapat konstruksi dan perencanaan penataan penempatan diorama. Sehingga pengunjung tidak merasa terganggu oleh adanya renovasi ini.

Petugas Museum Purbakala Patiayam, Jamin menjelaskan, untuk koleksi baru semuanya sudah siap. Tinggal penataan fosil dan diorama baru untuk ditempatkan di kedua gedung. Sekitar 200 koleksi yang nantinya akan di pajang pada setiap etalase yang ada, serta penambahan diorama baru sekitar 25%.

Baca juga:  BUMDes Jenggolo Makmur Siap Bangkit dengan Usaha Baru

“Sejauh ini, persiapan sudah matang. Termasuk juga penempatan deskripsi temuan fosil yang ada. Mulai dari teknis penemuan, hingga kronologi penemuan fosil tersebut,” ungkapnya.

Untuk penataan display-nya sendiri, pihak Museum Purbakala Patiayam akan bekerja sama untuk mendatangkan tenaga ahli dari Sangiran. Mengingat banyak tenaga ahli yang telah mempelajari penemuan fosil dan manusia purba di wilayah Trinil dan Sragen.

Sementara ini, beberapa fosil yang telah di display sudah mewakili semua temuan fosil yang ada di situs Purbakala Patiayam. Sekitar 17 spesies hewan telah terpajang di etalase, baik dari hewan laut, rawa, maupun darat.

Baca juga:  Bank Jateng Bersinergi dengan Pemkab Kudus Terapkan KKPD QRIS

Selain itu juga terdapat diorama lain. Yaitu fragma hominid dengan harapan agar pengunjung dapat memahami kehidupan jaman purba maupun bentuk fosil yang ditemukan. (cr11/fat)