Pencurian Motor di Pantai Cangkring Sulit Dilacak, Polisi: “Sangat Dibutuhkan CCTV”

RAMAI: Terlihat beberapa wisatawan saat berkunjung ke pantai Goa Cemara, Bantul, beberapa waktu lalu. (JANIKA IRAWAN/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Beberapa waktu lalu sempat terjadi pencurian sepeda motor yang terjadi di jalan menuju Pantai Cangkring, Srandakan, Bantul. Pihak kepolisian mengatakan sempat kesulitan mendeteksi pelaku karena di lokasi tersebut tidak memiliki kamera pemantau atau Closed Circuit Television (CCTV).

“Kalau sering terjadi tidak, cuman kemarin sempat terjadi pencurian motor yang kita ungkap kemarin. Sebenarnya kalau kita terbantu CCTV, kemungkinan bisa lebih mudah mengungkap pelakunya. Karena saksi-saksi juga minim kalau di tempat sepi seperti itu,” kata Kapolsek Srandakan, Kompol Slamet Subiantoro, Kamis (6/6/24).

Baca juga:  Ombudsman Rekomendasikan Ulangan Tes Carik Tamanan, Kalurahan Tetap Maju Gladi Pelantikan

Menanggapi hal ini, Plt kepada Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul Kwintarto Heru Prabowo menyebutkan, memang saat ini di lokasi tersebut belum dipasangi CCTV. Hal ini karena keterbatasan anggaran yang tersedia. “Untuk CCTV di wilayah pantai Cangkring memang belum ada. Jadi memang ada keterbatasan anggaran untuk pengadaan,” ungkapnya.

Kwintarto mengatakan, pemasangan CCTV ini juga tidak mudah karena memerlukan banyak rangkaian sarana prasarana pendukung lainnya. Bukan hanya CCTV semata, tapi membutuhkan koneksi listrik, server, dan saran prasarana lainnya. Menurutnya, sejauh ini hal itu belum dianggarkan.

Baca juga:  Manfaatkan Danais untuk Lumbung Mataram

“CCTV ini pasti ada rangkaian toh. Kan tidak mungkin hanya pasang CCTV kalau tidak dikonekkan (disambungkan, red). Ini belum ada anggaran untuk ke sana. Kemungkinan nanti setelah pembuatan TPR (Tempat Pemungutan Retribusi) baru,” terangnya.

Menurutnya, pemasangan CCTV ini kemungkinan dilakukan setelah pembukaan TPR menyusul selesainya pembangunan Jembatan Pandansimo. “Nanti kalau sudah ada petugasnya, pemasangan itu akan dipikirkan. Karena memang untuk sarana prasarana pendukungnya sekarang masih susah. Misalnya CCTV itu mau dipasang di mana, di Pantai Cangkring juga belum ada listrik. Jadi memang kalau belum dipasang CCTV karena masih ada kendala teknis,” pungkasnya. (nik/abd)