Kudus  

Urus Dokumen Kependudukan dengan Mudah, Download Saja Aplikasi Ini

INOVATIF: Seorang warga menunjukkan program aplikasi Disdukcapil Online yang dapat diunduh gratis melalui google playstore belum lama ini. (DANNY LUTVI H/ LINGKAR JATENG)

KUDUS– Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus melakukan berbagai inovasi untuk melayani masyarakat Kudus. Salah satu inovasi tersebut adalah Aplikasi Disdukcapil yang bisa didownload di Google Play atau PlayStore.

Plt. Kepala Disdukcapil Kudus Eko Hari Djatmiko mengatakan, aplikasi ini dibuat untuk memudahkan warga Kudus dalam mengurus dokumen kependudukan. Mulai dari mengurus akta kelahiran, kematian, kartu keluarga hingga permohonan e-KTP.

Selamat Idulfitri 2024

“Dengan menggunakan aplikasi ini, warga tak perlu ke kantor Disdukcapil Kudus untuk mengurus dokumen kependudukan serta tak perlu antri. Warga hanya cukup membuka dan mendaftar aplikasi ini. Setelah itu, foto persyaratan sesuai dengan syarat permohonan dokumen yang ingìn diurus dan kirimkan melalui aplikasi ini,” tandasnya ketika di temui di kantor Disdukcapil Kudus beberapa hari yang lalu.

Baca juga:  Persiku Kudus Sukses Lumat Persipu FC

Selama persyaratan sudah lengkap, lanjutnya, pihaknya memastikan 1×24 jam warga terlayani. Ketika jadi, ada nitifikasi di aplikasi tersebut. “Silakan nanti diambil sendiri atau pihak kami antarkan,” katanya.

Ia mengaku, aplikasi yang sudah ada sejak 2017 ini, sudah terdownload lebih dari 1400. Dengan jumlah tersebut, ia berharap kedepannya aplikasi ini semakin dikenal oleh masyarakat luas. Pihaknya akan berusaha menambah kualitas di dalam aplikasi ini. Agar nantinya mudah dipahami dan mudah digunakan oleh masyarakat Kabupaten Kudus.

Banyak tanggapan dari pengguna aplikasi ini. Salah satunya adalah Ajib Wahab Purwanto. Ia mengaku senang dengan adanya aplikasi ini. “Sangat membantu,” ujarnya

Baca juga:  Tingkatkan Ketahanan Pangan, Babinsa Komsos Dengan Kelompok Tani
Tak jauh beda disampaikan oleh Hendra Irawan. Ia berharap bisa dimudahkan dengan adanya aplikasi ini. “Semoga bisa membantu,” harapnya. (cr3/lut)