5 Manfaat Kesehatan Main Video Games

  • Bagikan
Bermain Video Games
Ilustrasi bermain Video Games. ©Pixabay

LINGKARJATENG.COM – Bermain video game ternyata tidak selamanya membawa dampak buruk, seperti kebanyakan pendapat orang. Memainkan permainan digital tersebut ternyata bisa memberi manfaat bagi kesehatan lho.

Namun yang perlu diingat bahwa bermain video games tidak dilakukan secara berlebihan. Bermain video games secara berlebihan bisa menimbulkan masalah bagi kesehatan fisik maupun psikologis.

Pada jumlah yang tepat, bermain video game bisa memberi manfaat kesehatannya tersendiri. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh dari bermain video games.

Membuat Otak dalam Kondisi Meditatif

Bermain game bisa menimbulkan sensasi dan perasaan yang serupa dengan meditasi terutama ketika kamu memainkan game kesukaan. Hal ini membuatmu menjadi sangat terlibat dengan permainan dan diketahui bisa memulihkan dirimu dari melakukan rutinitas yang membosankan.

Mengistirahatkan Diri dari Kesibukan

Ketika bermain video games kamu bakal merasa istirahat dan terlepas dari kesibukan yang kamu alami. Permainan yang kamu lakukan bakal menimbulkan rasa puas dalam diri. Sebuah penelitian menemukan bahwa lebih dari 60 persen eksekutif perusahaan bermain game ketika beristirahat dari kerja setiap hari.

Mengekspresikan Kreativitas dan Kebebasan

Ketika bermain game, kamu bakal mendapatkan lebih banyak kreativitas dan kebebasan. Bermain game bergenre sandbox atau simulasi juga bisa membuatmu menunjukkan dan melatih kreativitas yang kamu miliki.

Melepaskan Dopamin

Ketika berada dalam kondisi senang, otak bakal melepaskan dopamin atau hormon bahagia. Bermain game merupakan salah satu hal yang bisa melepaskan dopamin dengan cukup mudah dan membuatmu bersiap kembali menjalani aktivitas.

Meningkatkan Interaksi Sosial

Pada beberapa jenis game, interaksi sosial yang kamu alami bisa meningkat baik secara daring maupun luring. Hal ini membuatmu menjadi lebih terhubung dengan orang lain dan berbagi perasaan.

Berbagai manfaat tersebut bisa kamu dapatkan dari bermain video games. Tapi pastikan juga jangan bermain terlalu lama karena bisa membuatmu kecanduan dan berdampak buruk pada dirimu sendiri.

Sumber: merdeka.com

  • Bagikan