5 Cara Mudah Obati Sendawa

Ilustrasi
Ilustrasi seseorang menutup mulut

LINGKARJATENG.COM – Sendawa merupakan cara tubuh melepaskan gas dari saluran pencernaan ke mulut secara alami. Terkadang saat kita makan atau minum, ada udara yang ikut ditelan. Nah udara tersebut dikeluarkan melalui sendawa.

Susah sendawa terjadi karena otot saluran pencernaan tidak dapat melepaskan udara ke atas, sehingga udara tersebut terjebak di saluran pencernaan. Kondisi susah bersendawa mungkin terdengar sepele namun menyebabkan penderitanya merasa kembung, sakit perut, perut terasa begah dan kerongkongan terasa terbakar sehingga membuat tidak nyaman melakukan aktivitas sehari-hari.

Iduladha

Berikut ini adalah cara mengatasi susah sendawa, yaitu:

1. Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi atau minuman soda jenis apapun dapat memicu penumpukan gas di perut dan mempercepat proses sendawa. Ini juga akan mengurangi sakit perut dan memberikan efek melegakan udara atau gelembung di perut.

2. Konsumsi Makanan Mengandung Gas

Makanan mengandung gas akan memberi tekanan gas di perut untuk memicu sendawa. Berikut makanan yang mengandung gas; Apel, Persik, Pir, Wortel, Roti gandum dan Permen Karet.

3. Bergerak atau Olahraga

Gerakan secara intensif dapat membantu mengarahkan udara naik ke atas dan keluar melalui sendawa. Anda dapat berbaring lalu tekuk lutut ke arah dada dan rentangkan tangan ke depan sejauh. Lengkungkan punggung Anda dan ulangi sambil menjaga kepala sejajar dengan tenggorokan Anda

Anda juga disarankan untuk berolahraga seperti berjalan, jogging, atau melakukan aerobik ringan untuk mengatasi susah sendawa. Buat gerakan apapun yang membuat otot perut kencang saat Anda merasa ingin sendawa untuk membuat semua udara keluar.

4. Atur Napas

Berikut ini adalah cara mengatur napas untuk mengatasi susah sendawa, yaitu duduk tegak sambil mengambil napas dalam. Hirup udara melalui mulut masuk ke tenggorokan lalu tutup mulut bagian depan dengan lidah dan lepaskan napas perlahan. Buang napas melalui hidung dengan tenggorokan tertutup. Tekanan ekstra pada perut saat Anda mengatur napas dengan benar akan memicu gas dan udara berlebih di saluran pencernaan naik dan keluar melalui mulut.

5. Menggunakan Antasida

Antasida adalah obat untuk menetralisir keasaman lambung untuk mengurangi gejala asam lambung, mulas, gangguan pencernaan asam, dan sakit perut. Obat ini mengandung kalsium karbonat yang menghasilkan gas berlebih yang memicu Anda untuk bersendawa.

Sumber doktersehat.com

DPRD Batang