Pantai Kartini Tawarkan Berjuta Kesenangan

  • Bagikan
Pantai Kartini Jepara
Pantai Kartini Jepara / Wikipedia

JEPARA – Pantai Kartini merupakan objek wisata pantai di Jepara, Jawa Tengah. Wisata ini terletak pada 2,5 km arah barat dari pendopo Kantor Bupati Jepara. Kawasan dengan luas lahan 3,5 ha ini merupakan kawasan strategis, karena sebagai jalur transportasi laut menuju objek wisata Taman laut Nasional Karimunjawa dan Pulau Panjang.

Selain itu, Pantai Kartini tidak bisa lepas dari suatu acara tradisional yang disebut Lomban. Acara ini merupakan acara budaya masyarakat Jepara yang berlangsung selama 1 hari pada tanggal 8 Syawal atau seminggu setelah Hari Raya Idul Fitri.

Pantai Kartini disebut juga Pemandian yang terletak di bagian barat Pantai Kartini, karena pada awalnya digunakan sebagai pemandian yang dipercayai masyarakat dapat menyembuhkan penyakit rematik, gatal-gatal.

Di sana terdapat banyak wanaha, di antaranya Kura-Kura Ocean Park, mainan anak-anak, spoor mini, perahu ke pulau panjang, kapal ke Karimunjawa, Makam Encik Lanang, catur raksasa, panggung hiburan, kolam kecek dan tugu Kartini.

Selain itu, fasilitas yang terdapat di sana adalah musala, penginapan, warung makan, tempat parkir, dan penjualan sovenir.

Di dalam Kura-Kura Ocean Park terdiri dari dua lantai. Lantai pertama digunakan sebagai kantor pengelola dan beragam stand yang menjual berbagai souvenir khas Jepara.

Selain itu juga pengunjung juga bisa melihat taman laut beserta habitatnya dari sebuah akuarium raksasa. Di dalam akuarium terdapat ikan kerapu, hiu, kakap, angel fish, buntal dan masih banyak lagi.

Selain akuarium raksasa, juga terdapat 12 akuarium dinding dan empat akuarium portabel yang berisi beragam ikan air laut dan tawar yang berukuran kecil. Tersedia juga papan informasi touch screen yang akan membantu Anda mengenal lebih jauh tentang Jepara. Pengunjung juga bisa menikmati sensasi spa ikan.

Di lantai dua pengunjung bisa melihat Jepara Sciece Park yang terdiri dari papan kreatif, air mancur melayang, kipas angin tanpa baling, simulator pesawat terbang. Pengunjung juga bisa menikmati pertunjukan IMAX Deep Sea 3D.

Untuk tiket masuk ke Pantai Kartini di hari biasa Rp 5000. Untuk akhir pekan Rp.7.500. Tiket Masuk Kura–kura Ocean Park hari biasa Rp. 12.500, di akhir pekan Rp. 17.500.

  • Bagikan