Metode Pembelajaran Picture and Picture Tingkatkan Keaktifan Siswa

Oleh: Endang Purwatiningsih, S.Pd.
Guru SD Negeri 07 Tegalsari, Kec. Ampelgading, Kab. Pemalang

DALAM aktivitas pembelajaran, yang diharapkan menjadi salah satu unsur bagian keberhasilan belajar adalah pada keaktifan belajar siswa, yang mana ini merupakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa aktif secara langsung selama proses pembelajaran berlangsung. Pada hakikatnya, kegiatan belajar mengajar adalah suatu proses interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam satuan pembelajaran. Guru bukan hanya sekedar penyampai materi saja, tetapi lebih dari itu guru dapat dikatakan sebagai sentral pembelajaran. Oleh karena itu, pengajaran yang menarik akan membuat siswa merasa senang dan merasa perlu untuk mempelajari bahan pelajaran, yang akan berdampak pada keaktifan dan peningkatan hasil belajar.

Selamat Idulfitri 2024

Permasalahan yang sering muncul adalah rendahnya daya serap peserta didik. Hal ini tampak pada rata-rata hasil belajar peserta didik yang senantiasa masih sangat memprihatinkan. Masalah yang timbul dari kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran serta pencapaian hasil belajar yang kurang maksimal, dapat diatasi dengan suatu model maupun strategi pembelajaran yang bisa mengubah aktivitas belajar siswa yang pasif menjadi aktif.

Terdapat banyak metode pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa yang bisa diterapkan di kelas rendah sekolah dasar (SD). Beberapa di antaranya adalah picture and picture, Jigsaw II (model tim ahli), examples non examples, cooperative script, mind mapping, learning together, numbered heads together, problem-based learning, student team-achievement, division dan artikulasi.

Menurut Warsono dan Hariyanto (2013: 172), model pembelajaran adalah deskripsi lingkungan pembelajaran yang meliputi perilaku guru dalam melangsungkan pembelajaran. Sebagai usaha untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang dapat melibatkan peran aktif peserta didik, membutuhkan kemampuan pendidik dalam menerapkan model pembelajaran yang sesuai. Dalam hal ini, penulis menerapkan pada metode pembelajaran picture and picture.

Metode pembelajaran picture and picture merupakan suatu metode belajar yang menggunakan gambar yang dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan logis. Gambar-gambar ini diharapkan dapat menarik minat para siswa agar semakin antusias dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan alat bantu atau media gambar, diharapkan siswa mampu mengikuti pelajaran dengan fokus yang baik dan dalam kondisi yang menyenangkan. Sehingga apa pun pesan yang disampaikan bisa diterima dengan baik dan mampu meresap dalam hati, serta dapat diingat kembali. Ibrahim (2000:29) menyatakan bahwa metode pembelajaran kooperatif picture and picture merupakan suatu model pembelajaran yang mengutamakan adanya kelompok-kelompok, yang secara sadar dan sistematis mengembangkan interaksi yang saling asah, saling asih dan saling asuh.

Langkah- langkah metode pembelajaran picture and picture secara garis besar adalah, pertama guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Selanjutnya guru memberikan materi pengantar sebelum kegiatan. Langkah selanjutnya adalah guru menyediakan gambar-gambar yang akan digunakan yang berkaitan dengan materi dan guru mengajak siswa ikut aktif dalam mengamati setiap gambar. Selanjutnya guru menunjuk secara bergilir untuk mengurutkan dan memasangkan gambar-gambar. Kemudian guru memberi pertanyaan mengenai alasan siswa dalam menentukan urutan gambar, dan terakhir siswa diajak untuk menyimpulkan materi yang baru saja diterima.

Kelebihan metode pembelajaran picture and picture adalah materi yang diajarkan lebih terarah, karena pada awal pembelajaran guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dan materi secara singkat terlebih dahulu. Siswa lebih cepat menangkap materi ajar karena guru menunjukkan gambar-gambar mengenai materi yang dipelajari selain itu, daya nalar atau daya pikir siswa meningkat karena siswa disuruh untuk menganalisis gambar yang ada. Kita hendaknya selalu optimis dan berharap selalu tentunya setelah menerapkan metode pembelajaran picture and picture siswa akan menjadi antusias serta aktif dalam proses pembelajaran sehingga hasil pembelajaran menjadi semakin meningkat. (*)