Penggunaan Benda Konkret Tingkatkan Pemahaman Siswa dalam Materi Membandingkan Ukuran

Oleh: Siti Aminah, S.Pd.SD
Guru SDN 01 Samong, Kec. Ulujami, Kab. Pemalang

MATEMATIKA adalah salah satu mata pelajaran yang siswa pelajari di sekolah dasar untuk mengembangkan kemandirian, kemampuan bernalar kritis, dan kreativitas siswa. Pembelajaran matematika adalah proses pengalaman belajar siswa melalui serangkaian kegiatan yang terencana sehingga siswa memperoleh kompetensi tentang bahan matematika yang dipelajari (Gatot 2007:1.26).

Salah satu materi yang diajarkan di kelas satu pada Kurikulum Merdeka adalah membandingkan ukuran. Adapun yang dipelajari di antaranya membandingkan ukuran panjang, membandingkan isi air, dan membandingkan luas. Penerapan membandingkan ukuran dalam kehidupan sehari-hari di antaranya mengukur panjang kain, mengukur luas tanah, dan menghitung besar aliran sungai. Keterampilan membandingkan ukuran sangat penting untuk diketahui siswa dalam belajar matematika.

Baca juga:  Penerapan Metode Problem Solving Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Diskusi

Kondisi yang dihadapi guru kelas satu di SDN 01 Samong pada proses pembelajaran di kelas dalam membandingkan ukuran menggambarkan bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Masih banyak yang mengalami kesulitan karena siswa tidak melakukan praktek langsung pengukuran. Kondisi tersebut juga disebabkan oleh guru yang belum menggunakan media konkret dan metode ceramah yang digunakan kurang menstimulus siswa. Sehingga proses pembelajaran kurang efekatif.

Oleh karena itu, guru perlu merancang pembelajaran membandingkan ukuran dengan baik. Sehingga mampu meningkatkan kepahaman siswa kelas satu SDN 01 Samong dalam materi membandingkan ukuran. Guru pada proses pembelajaran menggunakan media benda konkret.

Baca juga:  Penerapan Metode Problem Solving Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Diskusi

Media benda konkret adalah media pembelajaran yang berasal dari benda-benda nyata yang banyak dikenal oleh siswa dan mudah didapatkan. Media konkret dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang pada umumnya bersifat abstrak. Menggunakan media konkret dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa untuk memahami pembelajaran, memperjelas pesan yang disampaikan kepada siswa. Selain itu dapat memberikan rangsangan belajar, dan proses belajar mengajar menjadi lebih menarik.

Menurut Winataputra, media konkret adalah segala sesuatu yang nyata dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima. Sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa. Dengan begitu, proses pembelajaran dapat berjalan lebih efektif dan efesien menuju tercapainya tujuan yang diharapkan.

Baca juga:  Penerapan Metode Problem Solving Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Diskusi

Langkah-langkah yang dilakukan guru kelas 1 SDN 01 Samong dalam pembelajaran materi membandingkan ukuran adalah guru menetapkan tujuan secara jelas. Guru memilih alat atau media konkret di sekitar untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kemudian menyusun perencanaan pembelajaran, serta melaksanakan penyajian pembelajaran yang berpusat pada keterlibatan siswa.

Melalui penggunaan media benda konkret, terbukti bahwa media tersebut dapat meningkatkan kemampuan pemahaman materi Membandingkan Ukuran pada siswa kelas 1 di SDN 01 Samong. Siswa lebih aktif, termotivasi, dan senang dalam belajar materi membandingkan ukuran. (*)