Kudus  

Disdikpora Kudus Kaji Kurikulum Mulok Baru Berbasis Ajaran Gusjigang

Kepala Bidang Dinas Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Anggun Nugroho
Kepala Bidang Dinas Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Anggun Nugroho. (SHELA MEYLANI/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus tengah melakukan kajian kurikulum untuk muatan lokal (mulok) baru di sekolah. Salah satunya adalah ajaran Gusjigang yang dimaknai sebagai konsep hidup yang agung. Gusjigang merupakan filosofi hidup warisan Sunan Kudus, salah seorang Wali Songo yang pada zamannya berdakwah di wilayah Jawa Tengah.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar pada Disdikpora Kabupaten Kudus, Anggun Nugroho menjelaskan, kurikulum mulok baru ini rencananya akan diterapkan di SD dan SMP. Saat ini, pihaknya masih melakukan kajian.

Selamat Idulfitri 2024

“Jika berhasil maka akan diterapkan dalam pembelajaran di sekolah. Karena sampai saat ini pun masih dalam kajian,” jelasnya, belum lama ini.

Baca juga:  Pemdes Jepang Bangun Ekonomi melalui Pasar Tokiyo

Mulok baru yang merupakan usulan Kepala Disdikpora Kudus, Harjuna Widada dan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan, Adi Sadhono ini diharapkan bisa menambah mata pelajaran bahasa Jawa yang sudah ada. Pembahasannya pun akan terus dikencangkan.

“Yang ada saat ini kan bahasa Jawa saja. Konsepnya akan dikaitkan dengan enterpreneur, internalisasi keagamaan, dan penguatan karakter,” terangnya.

Ketua PGRI Kudus, Ahadi Setiawan menyebutkan, muatan lokal Gusjigang menjadi angin segar pendidikan di Kudus. Selain nilai falsafah yang banyak makna, Gusjigang bisa menjadi awal baru kemajuan pendidikan karakter di Kudus.

Baca juga:  @HOM Hotel Kudus Bagikan Seribu Takjil

“Gusjigang merupakan akronim dari Bagus, Ngaji, Dagang. Baik karakternya, mengaji atau belajar, dan berniaga. Ini menjadi warisan leluhur kita sebagai orang Kudus,” ujarnya. (cr1/adf)