Figur  

Hobi Kuliner hingga Buat Konten Bantu UMKM

Zepira Nur Fatimah
Zepira Nur Fatimah. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

CITA-cita sebagai influencer dan pengusaha sukses menjadi salah satu motivasi Zepira Nur Fatimah (22) untuk membuat konten. Dengan hobinya mencoba kuliner dan travelling, Zee, sapaan akrabnya mantap untuk fokus membuat konten bertemakan kuliner untuk membantu promosi produk UMKM lokal.

Dirinya yang kini juga menjadi seorang brand ambassador (BA) di salah satu perusahaan itu mengaku melihat peluang besar dalam dunia konten, terutama kuliner. Sebab, menurutnya masing-masing kuliner terutama UMKM belum mempunyai alat ataupun media sosial untuk mengenalkan atau mem-branding produk mereka kepada khalayak luas.

Baca juga:  Banyak Teman dan Pengalaman Usai Gabung IPPNU

“Saya lihat peluang ini. Jadi akhirnya saya mencoba membuat konten kuliner. Karena sebelumnya membuat konten motivasi ternyata kurang menarik audiens, jadi berpindah haluan,” ujarnya, belum lama ini.

Ia menjelaskan, dalam membuat sebuah konten, pemilihan platform juga menentukan jumlah audiens yang akan melihat. Sehingga setelah meneliti semua platform akhirnya Zee memutuskan untuk fokus membuat konten di dua akun medsosnya. Yaitu TikTok dengan akun @zezewlkulinerjabar dan Instagram pada akun @hellozezew.

Dari kedua akun tersebut dirinya mendapatkan engagement dan penghasilan. Ia juga kini memiliki beberapa relasi pengusaha serta partner usaha.

Baca juga:  Wujudkan Cita-cita Berkat Inspirasi dari Musik

Zee juga mengaku mendapatkan kepuasan batin ketika mendapatkan kabar bahwa usaha UMKM yang ia promosikan bisa maju hingga membuka beberapa cabang baru. Hal itu membuatnya semangat untuk terus membuat konten.

“Membuat konten itu mudah. Yang sulit adalah niat untuk fokus dan konsisten. Selain itu untuk menarik penonton kita juga harus membuat karakteristik unik produk konten tersendiri. Jadi tidak sama dengan yang lain,” pesannya untuk para food vlogger yang baru akan terjun di dunia konten. (fan/adf)