Kenaikan Harga Tiket Taman Pintar tak Pengaruhi Jumlah Pengunjung

SENANG: Pengunjung saat mencoba berbagai permainan di Taman Pintar, beberapa waktu lalu. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

KOTA, Joglo Jogja – Sepanjang hibur lebaran, kunjungan wisata di Taman Pintar mengalami kenaikan. Di mana kenaikan jumlah kunjungan per-harinya rata-rata mencapai 1.000 orang dari tahun lalu, meskipun ada kenaikan harga tiket masuk.

Kepala Seksi Kerja Sama dan Pemasaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Budaya Kota Yogyakarta Karmila mengatakan, pihaknya mulai melakukan penghitungan dari H+2 lebaran. “Jika tahun lalu rata-rata sebanyak 2.172 pengunjung per hari, pada lebaran tahun ini mencapai angka 3.137 kunjungan per hari. Di mana seperti momen lebaran sebelumnya, pengunjung didominasi oleh rombongan keluarga dari luar kota,” ungkapnya.

Selamat Idulfitri 2024

Dijelaskan bahwa sejak awal tahun, telah diberlakukan harga tiket masuk terbaru sesuai dengan Perda Nomor 10 Tahun 2023. Setidaknya ada belasan wahana yang berada di dalam Taman Pintar, masing-masing besaran perubahan harganya bervariasi, rata-rata hanya naik sebesar tiga persen.

Baca juga:  Puluhan Pedemo Datangi KPU DIY atas Keputusan MK

“Misalnya tiket masuk Gedung Oval Kotak yang semula dibanderol Rp12 ribu untuk anak dan Rp20 ribu untuk dewasa, kini berubah harga menjadi Rp14 ribu untuk anak dan Rp24 ribu untuk dewasa. Kemudian ada Wahana Program Kreativitas seperti Kreasi Batik yang semula Rp18 ribu jadi Rp20 ribu, Kreasi Gambar semula Rp13 ribu jadi Rp15 ribu, dan berbagai wahana lainnya,” jelasnya.

Meski harga tiket masuk mengalami sedikit kenaikan, menurut Mila tidak menyurutkan minat masyarakat untuk mengunjungi Taman Pintar. Hal tersebut dibuktikan dari jumlah kunjungan yang terus mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Baca juga:  Pemilik Apartemen Malioboro City Tuntut Legalitas, Pemkab Sleman Siap Mediasi

“Penerapan tarif baru ini tidak berpengaruh pada kunjungan, masyarakat tetap antusias. Taman Pintar akan terus berinovasi memberikan layanan dan wisata edukasi terbaik serta menarik bagi pengunjung,” tambahnya.

Pihaknya menjelaskan, pada momen libur lebaran 2024, Taman Pintar memiliki dua peraga baru yang bisa dinikmati oleh pengunjung, yaitu peraga multimedia berupa Videobooth 360 derajat dan Peraga Manual Pump yang berada di Kampung Kerajinan.

“Peraga Manual Pump akan mengedukasi pengunjung tentang teknik pompa air manual yang dapat dicoba dengan memindahkan air melalui pompa dari satu titik ke titik yang lain menggunakan tekanan kaki seperti gerakan melangkah. Sedangkan Videobooth 360 dapat dinikmati hanya dengan biaya Rp15 ribu,” pungkasnya. (riz/abd)