Figur  

Kombinasikan Makanan Lokal dan Western

Skolastika Damara Pradnyaparamitha
Skolastika Damara Pradnyaparamitha. (ISTIMEWA/JOGLO JOGJA)

MAKANAN Western saat ini telah menjamur di lingkungan masyarakat, salah satunya hotdog. Menariknya, di tangan Skolastika Damara Pradnyaparamitha, seorang mahasiswi UNY, makanan asli Indonesia berupa tempe berhasil dikombinasikan menjadi hotdog sosis tempe yang penuh gizi dan protein.

Gadis yang akrab disapa Mita itu menjelaskan, inovasi makanan hotdog sosis tempe ini berawal ketika ia mencari peluang bisnis modern yang dapat diterima atau disenangi oleh konsumen, terutama konsumen generasi Z. Bahan baku tempe kedelai dipilih sebagai salah satu bahan, lantaran memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Baca juga:  Keluar dari Zona Nyaman untuk Raih Impian

Harga tempe yang terjangkau, tidak mengandung kolesterol, serta kaya protein, dan memiliki cita rasa yang unik juga menjadi alasan mengapa makanan berbahan baku kedelai itu dipilih. Hasilnya, inovasi hotdog sosis tempe menjadi modifikasi baru antara makanan lokal dengan luar negeri.

“Hotdog sosis tempe sangat cocok untuk remaja dan anak-anak yang kekurangan gizi atau protein. Selain itu, hotdog sosis tempe memiliki rasa gurih, yang dapat diterima oleh kalangan masyarakat” ungkapnya, belum lama ini.

Gadis kelahiran Bantul 23 Februari 2002 itu menjelaskan, bahan yang diperlukan dalam pembuatan hotdog sosis tempe menggunakan tempe puree, daging ayam, tepung tapioka, susu bubuk, lada, bawang putih, garam, air, gula, dan margarin. Untuk pembuatan sosisnya menggunakan tempe puree yang sudah dihaluskan bersama bumbu-bumbu dicampur kemudian dihaluskan menggunakan chopper, kemudian dicetak menggunakan cetakan sosis silikon.

Baca juga:  Ketidaksengajaan Berbuah Jadi Kesenangan

Selanjutnya tempe dikukus selama kurang lebih 5-10 menit. “Hotdog sosis tempe dapat bertahan sekitar 1-2 hari kalau sudah dimasak dan disimpan di kulkas, serta jika didiamkan di suhu ruangan, mungkin akan bertahan sekitar 3-4 hari. Untuk sosis sebelum dipanggang akan bertahan sekitar 3-4 hari kalau itu dikukus” jelasnya.

Ia menambahkan, dalam penyajiannya, hotdog sosis tempe ini sangat sederhana, hanya membutuhkan roti (bun), sayuran, dan saus. “Nantinya roti dipotong jangan sampai putus, kemudian tambahkan sayuran seperti selada, irisan tomat, sosis tempe, dan di atasnya ditambah mayones sama saus sambal sesuai selera,” ungkapnya. (riz/abd)