Cara Hemat Streaming YouTube Biar Tidak Bosan di Rumah

  • Bagikan
Streaming YouTube
Streaming YouTube

LINGKARJATENG.COM – Pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk menjaga jarak dan menjauhi kerumunan untuk menghindari penyebaran virus corona. Selain itu, masyarakat juga diminta beraktivitas, bekerja dan belajar dari rumah. Ketika semua pekerjaan telah selesai, tidak ada salahnya Anda bersantai sambil streaming YouTube.

Namun untuk streaming YouTube dibutuhkan paket data yang besar, lantaran salah satu fitur sosial media terkenal ini bisa menyedot kuota internet Anda. Nah, untuk mengakalinya, berikut tips hemat streaming YouTube.

1. Atur Kualitas video

Sebuah video di YouTube memiliki pilihan resolusi gambar yang bisa diatur. Anda bisa memilih kualitas video yang bagus atau tinggi untuk menghasilkan tontonan video yang bagus. Namun yang perlu diingat adalah, hal tersebut juga membuat paket data Anda akan cepat habis, karena kualitas resolusi tinggi menyedot kuota internet dalam jumlah besar.

Solusinya adalah aturlah kualitas video yang Anda tonton di tingkat rendah. Anda bisa mencoba video dengan kualitas resolusi 480p, 360p atau bahkan 240p. Dengan demikain kuota akan lebih sedikit terpakai.

2. Pakai Aplikasi YouTube Go

YouTube Go merupakan aplikasi YouTube yang didesain untuk konektivitas yang terbatas atau harga paket data yang mahal. Ini adalah solusi dari Google untuk para pecinta video dari platform YouTube di daerah dengan koneksi yang masih belum terlalu memadai.

YouTube Go ini membuat pengguna dapat mengunduh video untuk penayangan offline. Selain itu, video tersebut dapat dibagian pengguna secara lokal, seperti koneksi kabel atau nirkabel non \jaringan secara perangkat ke perangkat, tanpa menggunakan lebih banyak data lagi.

3. Pilih Browser Penghemat Data

Beberapa browser memiliki keunggulan dengan tambahan fitur penghematan data dan juga baterai. Salah satunya Opera Max, yang di beberapa smartphone telah terpasang secara default.

Browser semacam ini bisa diatur untuk lebih mengkompresi data dari aplikasi yang tersedia di smartphone Anda. Nah, jika mengaksesnya dari browser ini, otomatis jumlah data yang dikonsumsi akan lebih sedikit.

4. Simpan video

Jika Anda sedang berada di zona wifi tidak ada salahnya untuk menyimpan video yang ingin Anda tonton ke Watch Later yang ada di YouTube. Jadi ketika Anda sedang tidak terhubung wifi, Anda bisa menonton video unduhan Anda tanpa menguras data.

  • Bagikan