Pemerintah Sediakan Empat Vaksin Covid-19

Siti Nadia Tarmizi
Siti Nadia Tarmizi, Juru bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) (ANTARA/JOGLO JATENG)

JAKARTA – Saat ini, Indonesia sudah menjalin menjalin kerja sama dengan empat produsen vaksin yaitu Sinovac, AstraZeneca, Novovax dan Pfizer. Masyarakat diminta untuk tidak ragu melakukan vaksinasi dan tidak memilih-milih vaksin Covid-19 yang akan disuntikkan.

Juru bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menegaskan, pemerintah akan selalu memastikan menggunakan jenis vaksin Covid-19 yang aman. Selain itu juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh berdasarkan rekomendasi dari para ahli.

Selamat Idulfitri 2024

“Yang artinya kita sudah mengamankan kebutuhan vaksin untuk masyarakat yang akan diberikan vaksin sehingga kekebalan kelompok yang memang ingin kita capai itu betul-betul dapat diwujudkan,” katanya kemarin.

Baca juga:  Kaya Manfaat, Teh Bunga Telang Jadi Referensi Minuman Herbal

Nadia menjelaskan bahwa saat ini Indonesia sudah mencapai laju penyuntikan yaitu 500.000 suntikan per hari. Hal itu sejalan dengan rencana pemerintah untuk mencapai laju penyuntikan satu juta dosis per hari.

Dengan pencapaian sejauh ini yaitu 7,7 juta orang yang telah mendapatkan suntikan dosis pertama vaksin Covid-19. Meski begitu ia menyebut masih terdapat perjalanan panjang untuk mencapai total target 181,5 juta orang.

“Ke depan kita akan terus tingkatkan kapasitas vaksinasi kita sehingga dapat segera mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity yang kita inginkan sehingga kita keluar dari pandemi Covid-19 ini,” tuturnya.(ara/akh)