Nikmatnya Es Teler Durian di Musim Kemarau

DIREKOMENDASIKAN: Seorang pelanggan menunjukkan tampilan es teler durian milik Asep Sugiharto, belum lama ini. (ADAM NAUFALDO/JOGLO JATENG)

ES teler durian paling pas dinikmati saat musim kemarau seperti sekarang ini. Minuman yang berisi buah-buahan, jelly, dan kuah santan tersebut digemari masyarakat dari segala usia karena sensasi cita rasanya yang segar dan manis.

Owner Kedai Kawan Baik Durian, Asep Sugiharto menyampaikan, es teler yang dijualnya sekilas hampir sama seperti es campur yang berisi kelapa muda, nangka, alpukat, dan agar-agar. Namun sajian es miliknya tidak menggunakan sirup merah dan roti seperti di es campur. Melainkan menggunakan gula pasir.

Asep mengungkapkan, awalnya, kedai yang berlokasi di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kudus ini hanya berjualan jenis-jenis durian dengan spesialisasi durian montong. Agar semakin menarik pembeli, dia membuat es teler durian dengan spesial jenis montong dengan harga yang cukup terjangkau.

“Harga es teler durian yang saya pasarkan itu Rp 18 ribu. Es teler durian yang saya tawarkan ini sebenarnya durian lokal, tapi jika ada permintaan durian montong maka bisa dilayani,” tandasnya.

Harga es teler dengan durian montong dan durian biasa tetap disamakan, tapi untuk porsinya berbeda. Sebagai contoh, jika montong hanya satu pongge, sedangkan lokalan bisa tiga pongge.

”Varian es teler dibuatnya ini agar semua kalangan bisa menikmati durian. Kalau membeli buahnya kan memang mahal. Nah alternatifnya bisa pesan es teler durian disini,” ungkapnya.

Salah satu pembeli yang menyantap es teler dengan varian durian lokal, Saiful mengatakan, minuman tersebut memiliki rasa yang nikmat. Tingkat kemanisannya pun tepat.

”Rasanya sangat cocok, tidak terlalu manis, sesuai dengan selera saya. Ya, es teler durian ini bisa mengobati rasa ingin makan durian,” kata dia. (cr12/mg4)